Dua tahun lagi, kontrak Mohamed Salah habis di Liverpool. Apakah The Reds rela menjualnya musim panas nanti, atau justru memberinya kontrak baru?

Kontrak Mohamed Salah di Liverpool akan berakhir pada 30 Juni 2023. Dilansir dari Mirror, Liverpool dan Salah belum menemukan kata sepakat untuk perpanjangan kontrak.

Dikabarkan, Liverpool masih berusaha untuk menahan Salah lebih lama di Anfield. Sejak didatangkan pada tahun 2017, Salah memang sering jadi sosok penentu di lapangan.

Eks pemain Manchester City, Trevor Sinclair menyebut kalau Liverpool masih akan terus membutuhkan jasa Mohamed Salah. Walau sudah berusia 29 tahun, Salah tetap punya stamina yang bagus dan kecepatan larinya masih sulit terkejar lawan.

“Salah adalah pemain hebat dan sejauh ini belum ada yang mampu menggantikannya di Liverpool,” ujarnya.

“Dia pencetak gol ulung, yang bisa bikin gol dari situasi sulit. Dia masih jadi pemain terbaik Liverpool sampai saat ini,” tambahnya.

Mohamed Salah sendiri dikabarkan mau mencari petualangan baru, khususnya ke Liga Spanyol. Selama kariernya, pemain asal Mesir itu sudah merasakan Liga Italia dan Liga Inggris.

Beberapa tahun belakangan ini memang muncul rumor dua klub raksasa Spanyol yakni Real Madrid dan Barcelona berminat untuk memboyong Salah.

Kini keputusan ada di tangan Liverpool. The Reds harus bisa memberi Salah bayaran yang lebih tinggi supaya sang pemain bertahan. Atau, harus merelakan Salah ke klub lain kalau harganya cocok.

“Harusnya, Liverpool khawatir kalau ditinggal Salah,” tutup Sinclair.

Fans Liverpool jangan khawatir soal masa depan Mohamed Salah. Sebab, klub sedang mengurus kontrak baru pemain asal Mesir itu.

Berbeda dengan klub-klub besar lainnya, Liverpool memang irit belanja musim panas ini karena baru mendatangkan Ibrahima Konate dari RB Leipzig dengan banderol 36 juta paun.

Di saat klub-klub lain sibuk mengejar buruannya, Liverpool malah giat memperpanjang kontrak para pemain andalannya. Diawali Trent Alexander-Arnold, lalu menyusu Fabinho, Alisson Becker, dan terakhir Virgil van Dijk.

Tapi, Liverpool tak berhenti sampai di situ saja karena beberapa penggawa lainnya macam Jordan Henderson, Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Andrew Robertson juga dalam proses.

Fokus utama saat ini adalah Salah dan Henderson selaku kapten tim. Dengan masa depannya selalu dispekulasikan media-media Eropa, Salah seperti mengirim “kode” agar manajemen segera memberinya kontrak baru.

Hal itu rupanya sudah dilakukan Liverpool dan dalam waktu dekat akan memberikan pengumuman, jika deal kontrak baru Salah tercapai. Kontrak Mohamed Salah tersisa sampai 2023 dan dia akan mendapat kenaikan gaji signifikan, dari saat ini 200 ribu paun per pekan.

“Kami sih tidak pernah membicarakan hal-hal seperti ini. Ada sedikit perkembangan lah dengan Hendo, tapi bukan berarti kami harus rutin mengabarkan soal perkembangan negosiasi dan semacamnya,” ujar Klopp di Guardian.

“Dua hal: Mo sedang berada di masa emasnya, mood-nya bagus sekali, bagaimana dia bersikap sejak hari pertama kembali dari liburan, benar-benar hebat,” sambungnya.

“Kami semua sudah dewasa, semua profesional dan ketika ada diskusi, maka itu memang ada dan kami akan umumkan jika sudah ada hasilnya.”

“Prosesnya seperti apa tidak penting. Kita tidak perlu membicarakan apa yang terjadi di balik layar. Dengan sisa kontrak dua tahun, maka Anda tentu tahu bakal ada pembicaraan kontrak baru. Ya seperti itulah,” tutupnya.

lowellmutualaid